Buat yang bingung mengenai investasi, perencanaan keuangan dan kondisi finansial anda di masa depan. Kami bagikan informasinya secara gamblang untuk anda.

Tips Memilih Waralaba Agar Menjadi Bisnis Menguntungkan



Tips Memilih Waralaba Agar Menjadi Bisnis Menguntungkan - Sebagaian masyarakat Indonesia memilih mulai menjalankan bisnis biasa membeli lisensi waralaba. Karena waralaba telah memiliki sistem yang telah ada dan para pembeli lisensinya pun menjadi tidak perlu repot untuk membuat sistemnya dan mengatur penyetokkan bahan baku.

Selain itu, tahun 2015 dan seterusnya kita akan menghadapi MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN yang merupakan kesepakatan negara – negara di ASEAN untuk membuat pasar tunggal. Jangan sampai moment ini terlewat untuk dapat memiliki bisnis juga.

6 Tips Dari Pakar Agar Waralaba Dapat Menjadi Bisnis Menguntungkan.


Tips Memilih Waralaba Agar Menjadi Bisnis Menguntungkan
Jika kita menyadarinya tidak ada bisnis yang menguntungkan, tergantung bagaimana kita menjalani bisnis tersebut. Nah, untuk meminimalisir kerugian, baiknya simak beberapa saran atau tips berikut ini dalam memilih waralaba menurut Bije Widjajanto seorang pengamat waralaba Ben WarG Consulting dan Hefni Tri Sriyantono seorang pengusaha kuliner Nasi Gandul Mas Tri. Tentu tujuannya agar waralaba menjadi bisnis menguntungkan untuk anda.

#1 Cari Jenis Waralaba Yang Anda Sukai dan Lakukan Riset Pasar

Memulai bisnis waralaba pun harus di mulai dengan hal yang disukai. Sehingga dalam keadaan apapun bisnis dapat bertahan. Jangan lupa untuk juga melakukan target pasar untuk bisnis anda dan lokasi usahanya.

Menurut Ketua Tetap Waralaba dan Lisensi KADIN, Amir Karamoy. Dengan adanya MEA di tahun 2015, nantinya sektor yang paling banyak masuk ke Indonesia merupakan sektor Food and Beverages (F&B).

#2 Aktif Mencari Informasi Jenis Waralaba

Carilah informasi kepada mitra usaha yang lebih dulu gabung. Hal ini penting karena akan menjawab pertanyaan apakah waralaba ini menguntungkan dan layak dijalankan. Selain itu juga, sangat perlu untuk mengetahui komitmen pemilik waralaba untuk memajukan dan mengembakan usahanya serta bagaimana bentuk dukungan pemilik waralaba kepada mitra usahanya.

Selalu juga cermati mengenai jangka waktu kerjasama, kewajiban dan hak serta legalitas perjanjian kerjasama usaha. Dengan mengetahui lebih awal, merupkan pilihan cerdas jika ternyata terjadi sesuatu dengan jalan bisnis anda.

#3 Mengerti Marketing Plan Waralaba

Hal ini harus di pahami lebih detail karena kita tahu waralaba berdasarkan UU No. 9 Tahun 1995, prinsip sistem waralaba harus memperhatikan prinsip saling memperkuat, memerlukan dan saling menguntungkan.

Anda harus tahu bagaimana bagi hasilnya, mengetahui franchise fee, biaya investasi dan Return of Investment (ROI). Tidak inginkan hasil besar, tapi membutuhkan biaya operasional yang besar dan bahkan bisa jadi “besar tiang daripada pasak”.

#4 Hitung Biaya Sewa Usaha dan Iklan

Jarang ada waralaba dalam sistemnya memperhatikan mengenai operasional biaya sewa tempat dan untuk melakukan pengenalan atas bisnis anda alias iklan. Sebagai pebisnis atau investor, sepatutnya mengetahui lebih awal mengenai hal ini agar tidak membengkak biayanya karena terlewat dari perhitungan.

#5 Bagaimana Fee Untuk Mitra Usaha

Keuntungan didepan mata namun ternyata hanya setiap 3 atau 6 bulan sekali di dapat. Sedangkan biaya operasional masih menggunakan dana diluar modal bisnis. Tanyakan, tentang franchise fee apakah dapat di bayar cicila setiap bulan atau bertahap ?

#6 Bahan Baku Yang Mudah

Bahan baku harus selalu sedia dan tepat waktu. Jika pelanggan anda banyak, jangan sampai menjadi sepi hanya karena bahan baku lama datang untuk dilakukan penyetokkan. Pastikan juga untuk melakukan pengecekkan kualitas bahan baku.

Itulah beberapa tips mengenai menjadikan waralaba bisnis menguntungkan. Semoga menjadi tambahan pengetahuan mengenai bisnis waralaba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Memilih Waralaba Agar Menjadi Bisnis Menguntungkan

1 comments:

Post a Comment